Selasa, 30 Juni 2009

Cara Mengatasi Luka Bakar

Luka bakar termasuk kecelakaan sering terjadi di rumah tangga. Kisah anak tersiram air panas atau seseorang ibu tersiram sayur yang sedang dimasaknya, adalah cerita yang sering kita dengar. Sayangnya tak banyak orang tahu cara yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada bagian tubuh byang terbakar.....?????
Luka bakar dibagi 3 yaitu :
  • derajat 1 ditandai kulit kemerahan dan sangat kesakitan.
  • derajat 2 ditandai kuli melepuh, terkelupas,, bengkak, dan sangat kesakitan
  • derajat 3 ditandai kulit wrn putih sprti lilin/hitam dan hangus dan tdk terasa sakit
"Berikut tips untuk mengatasinya"
  • Jauhkan dari sumber panas, bila pakaian terbakar atau menjadi tempat berkumpulnya panas, maka akaian harus cepat dilepaskan. Kecepatan langkah ini akan menentukan derajat luka bakar. Semakin cepat dilepas diharapkan luka bakar akan semakin minimal.
  • Lakukan pendinginan pada area kulit yang terbakar. celupkan bagian yang terlka dalam air dingin atau letakan di bawah aliran kran air selama kurang lebih 15 atau sampai luka berkurang. Ualngi sesering mungkin. Tindakan pendinginan ini akan menghentikan proses penghantaran panas dari kulit yang terkena ke bagian kulit lainnya yang belum terkena sehingga luka dapat diminimalkan. Kadang masyarakat justru punya persepsi yang salah yang menganggap pemberian air akan menyebabkan luka bakar menjadi menggelembung. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya air di dalam gelembung luka bakar derajad dua yang dianggap karena air kompresnya. Pengertian ini salah karena air dari gelembung berasal dari tubuh penderita sendiri dan bukan dari kompresnya. Kompres air dingin justru akan mencegah terjadinya gelembung kalau dilakukan secepatnya.
  • Jangan diolesi dengan segala macam bahan misalnya krem, mentega, odol, kecap, dll. Tindakan ini tidak tepat karena memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi pada luka, menambah rasa sakit dan menyulitkan dokter yang akan memberikan pengobatan, karena harus membersihkan luka tsb.
  • Jangan pecahkan kulit yang melepuh. Bila lepuh pecah sendiri, biarkan kulit seperti semula untuk mencegah infeksi. Mungkin diperlukan balutan ringan (ditutup dgn kain bersih).
  • Luka bakar derajat satu dirawat kulit agar tetap kring dan bersih. Periksa ke dokter bila terdapat tanda2 infeksi (demam, peradangan, pembtkan nanah )
  • Segera pergi ke UGD RS jika ditemui hal2 brkt :
  1. luka bakar pd muka, tangan, kaki atau alat kelamin
  2. luka bakar sedang yg luasnya lebih besar dari telapk tangan penderita
  3. semua jenis luka bakar dalam
  4. shock ditandai pucat, keringat dingin, kulit lembap, napas dan nadi cepat, mengantuk dan pingsan.
  5. Menghisap asap panas
  6. luka bakar krn senyawa kimia, aliran listrik atau radiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar